PUSAT DATA & INFORMASI


PROFIL

  •  Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2015, Pusat Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengelolaan sistem informasi, manajemen data, pelayanan data dan informasi serta pengembangan sistem dan sumber daya informatika di bidang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. (Pasal 1026-1040)
  • Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 1 Tahun 2016, Tentang E-Government di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pusdatin mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengembangan, pengelolaan dan penyediaan data, insfrastruktur bidang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi serta penyelenggaraan sistem informasi dan sumber daya informatika dalam rangka mendukung manajemen Kementerian. (Pasal 1 ayat 25)
  • Peraturan Menteri No. 10 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan DAta dan Informasi, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.
  • Dalam mendukung program unggulan Kementerian, Pusdatin-Balilatfo ditugaskan menjadi koordinator pemanfaatan TI.
  • Program Unggulan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 : Percepatan Pembangunan Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Sesuai dengan Permen Kemendesa No.6 Tahun 2015