WAYANG DIGITAL INTERAKTIF PUSLITBANG MEMPERINGATI HARI BHAKTI TRANSMIGRASI KE-67

PUSLITBANG

  Rabu, 10 Januari 2018

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Transmigrasi ke-67 pada tanggal 12 Desember 2017, Puslitbang Balilatfo mempersembahkan pertunjukan “Wayang Digital Interaktif” dengan lakon Purwakala yang di tampilkan oleh Ki-Dalang Anhar Anharudin (Peneliti Utama) yang bergelar Kyai Kanjeng Sunan Jenang (karena kelahiran kota Majenang Cilacap), Co-Dalang : Minto Suhartono (Staf Biro SDM dan Umum)  dan Chalin Antinia (Peneliti Pertama). Serta Tari Gambyong dan Lengger Banyumasan oleh Saraswati Soegiharto (Peneliti Utama), Murdiatun (Peneliti Madya), dan Suparyo (Peneliti Utama).

Pertunjukkan sukses atas dukungan dari asisten ruwat (Enny Ariani (Peneliti Utama), Yustin (Peneliti Pertama), Gista (PPNPN) dan Sally (PPNPN)), tim kreatif Puslitbang, dan karawitan BLK Naker pasar rebo Jakarta Selatan. Selain itu kegiatan ini terlaksana berkat partisipasi dari para penggiat dan pemerhati transmigrasi.

Pementasan wayang digital ini dengan kisah Purwakala yang sudah di modifikasi, yang disajikan sebagai guyon, hiburan dan sama sekali tidak terkait atau bukan bagian dari kepercayaan religius, kekuatan magis dan mistik, melainkan hanya sebagai banyolan.