PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDES ANGKATAN III TAHUN 2018 DI KABUPATEN BANDUNG BARAT

JAKARTA

  Kamis, 08 Maret 2018

PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDES ANGKATAN III DI DESA KARANG TANJUNG, KECAMATAN CILILIN, KABUPATEN BANDUNG BARAT, PROVINSI JAWA BARAT

 

(Oleh : Dra. Endang Wijayanti)

Dalam rangka mewujudkan desa yang mandiri, pemerintah mendorong setiap desa untuk mendirikan Bumdes. Karena Bumdes diyakinan akan bisa membawa perubahan di bidang ekonomi dan sosial desa. Namun kita kenyataan sampai saat ini masih banyak Bumdes yang didirikan belum mampu berkemabng sesuai dengan yang diharapkan. Masih banyak kendala yang dihadapi dalam pengembangan Bumdes, salah satunya adalah keterbatasan kapasitas sumberdaya manusia di desa untuk mengelola dan mengembangkan Bumdes yang akuntabel dan berkinerja dengan baik.

Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat sebagai salah satu lembaga yang bergerak di unit pelatihan masyarakat dalam tahun 2018 memprogranmkan pelatihan Pengelolaan Bumdes yang bertujuan untuk mewujudkan pengelola Bumdes yang kompeten, yang mampu mengelola Bumdes secara optimal sehingga usaha Bumdes dapat berjalan secara kontunyu dan berkesinambungan. Salah satu Program Pelatihan Pengelolaan Bumde tahun 2018 ini dilaksanakan di Desa Karang Tanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.  Pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 6 sampai dengan 11 Maret 2018 yang dibuka oleh Camat Cililin. Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari 12 kelompok yaitu 7 kelompok dari Warsan dan 5 kelompok dari Bumdes. Peserta berasal dari 6 kecamatan  dan 12 Desa di wilayah Bandung Barat yaitu Kecamatan Gunung Halu ( Desa Tamanjaya dan Desa Sinarjaya), Kecamatan Cililin (Desa Karang Tanjung, Desa Batulayang, Desa Mukapayung, Desa nanggerang, Desa Karya Mukti dan Desa Bongas) , Kecamatan Cihampelas (Desa Cihampel;as), Kecamatan Sindang Kerta (Desa Puncak Sari), Kecamatan Parongpong  ( Desa Cigugur Girang) dan Kecamatan Cipongkor (Desa Mekarsari).

Dalam sambutannya Camat Cililin menegaskan bahwa di daerah Bandung Barat banyak potensi Wisata yang bisa dikembangkan dan dikelola oleh Bumdes. Apabila wisata ini bisa berkembang dengan baik maka akan mendongkrak perekonomian di sektor lainnya, dengan demikian Bumdes bisa membawa perubahan perekonomian desa dan memunculkan sentra-sentra ekonomi di desa dengan semangat ekonomi kolektif . Untuk itu Camat berpesan agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh  serap ilmu sebanyak-banyaknya agar Bumdes yang dikelola bisa berkembang sesuai yang diharapkan.