PELATIHAN KPMD ANGKATAN 6 DAN 7 DI BBLM YOGYAKARTA

YOGYAKARTA

  Senin, 16 April 2018

BBLM Yogyakarta melaksanakan pelatihan KPMD Angkatan 6 dan 7 pada tanggal 6-10 Februari 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari Kabupaten Ngawi, Pacitan dan Ponorogo (angkatan 6) dan 30 orang yang berasal dari Kabupaten Karanganyar, Boyolali dan Sukoharjo (angkatan 7). Seluruh peserta diasramakan di BBLM Yogyakarta dan mendapat fasilitas pelatihan (ATK, sertifikat dan stimulan).

 

Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) adalah anggota masyarakat desa yang memiliki pengetahuan, kepedulian, kemampuan dan kemauan untuk menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Calon KPMD dari beberapa calon warga desa setempat dipilih melalui musyawarah desa, dilatih dan ditetapkan berdasarkan keputusan Kepala Desa. Calon KPMD dapat dipilih dari tokoh atau pemuka masyarakat, pemuka adat, tokoh pemuda, pengusaha, guru dll, berkelakuan baik dan menjadi suri tauladan di lingkungannya. Jumlah KPMD antara 5-10 orang atau disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat.

 

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Bapak Herwanto Supangat,Kepala BBLM Yogyakarta pada tanggal 6 Februari 2018. Dalam sambutan disampaikan bahwa “Pelatihan ini diharapkan mendorong partisipasi dan gotong-royong keterlibatan KPMD di masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelestarian, sehingga terwujud desa yang maju, mandiri dan sejahtera. Peran KPMD sangat penting bagi kelangsungan pembangunan desa, salah satunya dalam membantu menyusun rencana pembangunan dan memfasilitasi musyawarah perencanaan pembangunan secara partisipatif “.

 

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dengan pembelajaran teori, diskusi, simulasi dan role play. Peserta sangat antusias dan aktif mengikuti pembelajaran terutama dalam pembelajaran penggunaan dana desa untuk pemberdayaan dan pembangunan di desa, juga simulasi musyawarah desa.Adapun materi pembelajaran yaitu implementasi Undang UndangDesa, tata kelola desa, KPMD, etos kerja KPMD, motivasi diri, komunikasi efektif, gaya kepemimpinan, manajemen pemberdayaan masyarakat desa, konsep pendampingan masyarakat, teknik fasilitasi dan advokasi, konsep dan system perencanaan pembangunan desa, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kelembagaan di desa, membangun jejaring kerjasama di desa, proses penyusunan peraturan desa, prioritas penggunaan dana desa, musyawarah desa, dan revolusi mental berdesa.

 

Pada tanggal 10 Februari 2018 pelatihan KPMD Angkatan 6 dan 7 ditutup secara resmi oleh Kepala BBLM Yogyakarta. Seluruh peserta mendapat sertifikat dan stimulan sebagai bekal kegiatan pemberdayaan di desa.Semoga pelatihan ini mampu mencetak para kader desa dan meningkatkan kepercayaan desa terhadap KPMD untuk bersama-sama membantu desa menjadi lebih maju dan mandiri, tanpa meninggalkan jati diri desa.

Pembelajaran di Kelas

                                                                      Pembelajaran di Kelas

Praktek Musdes

                                                                              Praktek Musdes

KPMD 6

                                                                                Foto Bersama Pelatihan KPMD Angkatan 6

KPMD 7

                                                                      Foto Bersama Pelatihan KPMD 7