PELATIHAN KPMD ANGKATAN 8 DAN 9 DI BBLM YOGYAKARTA

YOGYAKARTA

  Senin, 16 April 2018

Undang_Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa memberi banyak perubahan mengenai sistem pemerintahan desa dan paradigma azas pembangunan di desa. Kewenangan desa menjadi lebih luas.

 

KPMD merupakan kader desa yang memegang posisi strategis dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. KPMD mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendaliannya dalam rangka melakukan pendampingan implementasi undang-Undang N0 6 Tahun 2014.

 

BBLM Yogyakarta melaksanakan pelatihan KPMD Angkatan 8 dan 9 pada tanggal 22-26 Februari 2018. “Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap KPMD dalam pembangunan dan pemberdayaan desa. KPMD merupakan kader pendampingan desa yang berkelanjutan sebagai penggerak prakarsa masyarakat desa” Sambutan Bapak Herwanto Supangat, Kepala BBLM Yogyakarta saat pembukaan pelatihan.

 

Pelatihan dilaksanakan di Kantor BBLM Yogyakarta dengan jumlah peserta 30 orang dari kabupaten Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara (angkatan 8) dan 30 orang dari Kabupaten Demak, Blora dan Grobogan (angkatan 9). Peserta diberikan pembelajaran sebanyak 40 jam pembelajaran berupa implementasi Undang Undang Desa, tata kelola desa, KPMD, etos kerja KPMD, motivasi diri, komunikasi efektif, gaya kepemimpinan, manajemen pemberdayaan masyarakat desa, konsep pendampingan masyarakat, teknik fasilitasi dan advokasi, konsepdan sistem perencanaan pembangunan desa, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kelembagaan di desa, membangun jejaring kerjasama di desa, proses penyusunan peraturan desa, prioritas penggunaan dana desa, musyawarah desa, dan revolusi mental berdesa. Pelatihan dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dan pendamping KPMD.

 

Selama pelatihan peserta mendapat fasilitas akomodasi dan konsumsi di BBLM Yogyakarta, perlengkapan ATK, sertifikat dan bantuan stimulan sebagai bekal kegiatan pemberdayaan di desa. Fasilitas tersebut diberikan agar peserta fokus dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. “Semangat untuk kembali ke desa sangat menggelora, 5 hari yang sangat berkesan dan semoga bekal ini menjadikan kami KPMD yang handal, tangguh, inovatif dan berkepribadian baik dalam membangun desa” Kesan Bapak Kartono, perwakilan peserta.

 

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Bapak Herwanto Supangat, Kepala BBLM Yogyakarta pada tanggal 26 Februari 2018. Saat penutupan, peserta memberikan persembahan yel yel KPMD sebagai penggugah semanagat dan menambah rasa keakraban. Semoga dengan pelatihan ini peran KPMD bagi desa sebagai mitra atau pendamping yang memiliki fungsi yang lebih untuk membantu masyarakat dan desa dalam pembangunan yang mengedepankan semangat musyawarah mufakat dan gotong royong lebih dirasakan manfaatnya. Sehingga desa menjadi maju, kuat dan mandiri.

Praktek Musdes

                                                                                   Praktek Musdes

Senam bersama

                                                                                 Senam Bersama

KPMD 8

                                                                            Foto Bersama Pelatihan KPMD 8

KPMD 9

                                                                               Foto Bersama Pelatihan KPMD 9