PELATIHAN KPMD ANGKATAN 10 DAN 11 DI KABUPATEN MOJOKERTO

YOGYAKARTA

  Senin, 16 April 2018

Wilayah kerja BBLM Yogyakarta meliputi 3 Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY. Kabupaten Mojokerto terletak 50 km barat daya Surabaya, merupakan penyangga utama Ibu kota Provinsi Jawa Timur dan salah satu wilayah yang masuk dalam kawasan metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

 

BBLM Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan di lokasi atau sistem Mobile Training Unit (MTU) Pelatihan KPMD Angkatan 10 dan 11 tanggal 26 Februari s/d 1 Maret 2018 di Balai Desa Kebontunggul Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

 

Pelatihan ini dibuka tanggal 26 Februari 2018 oleh Bapak Hengki Kurniadi, anggota DPR RI Komisi V yang merupakan mitra kerja Kemendesa, PDT dan Transmigrasi  dalam melaksanakan Nawacita  ke 3 dari Kabinet Kerja Jokowi JK yaitu  memebangun Indonesia dari  pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka kesatuan. Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mojokerto dengan jajarannya, serta Kabid. Program dan PDSI  BBLM Yogyakarta dengan jajarannya.

 

Peserta pelatihan berasal dari beberapa desa di Kabupaten Mojokerto berjumlah 60 orang yang dibagi dalam 2 kelas dan 2 angkatanyaitu angkatan 10 dan 11.  Selama pelatihan peserta sangat antusias mengikuti seluruh proses pembelajaran yang berisi materiimplementasi Undang Undang Desa, tata kelola desa, KPMD, etos kerja KPMD, motivasi diri, komunikasi efektif, gaya kepemimpinan, manajemen pemberdayaan masyarakat desa, konsep pendampingan masyarakat, teknik fasilitasi dan advokasi, konsep dan sistem perencanaan pembangunan desa, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kelembagaan di desa, membangun jejaring kerjasama di desa, proses penyusunan peraturan desa, prioritas penggunaan dana desa, musyawarah desa, dan revolusi mental berdesa. Pelatihan dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dan pendamping KPM, termasuk materi menggali potensi tentang sketsa desa kemudian diangkat untuk simulasi musyawarah desa, sehingga muncul potensi dan aksi nyata di desa. Materi tersebut menjadi acuan KPMD dalam pemberdayaan dan pembangunan masyarakat Desa. Pemandu pelatihan  adalah PSM BBLM Yogyakarta dan dari Dinas PMD Kabupaten Mojokerto.

 

"Terima kasih, kami mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan KPMD yang diselenggarakan oleh BBLM Yogyakarta. Kami berharap semoga ada pelatihan berikutnya untuk kami berupa pelatihan Bumdes dsb” Bu Sutiyana kesan perwakilan peserta.Akhirnya tanggal 2 Maret 2018 pelatihan KPMD Angkatan 10 dan 11 ditutup secara resmi oleh Bapak Hartono, Sekretaris Dinas PMD Kab. Mojokerto.

 

Kenangan para pemandu dan panitia dengan Dinas PMD dan peserta sangat berkesan. Semoga kegiatan ini menguatkan kerjasama antara BBLM Yogyakarta dan Dinas PMD Kab. Mojokerto dan bagi peserta memberikan motivasi dan aksi nyata untuk membangun desa.

Pembukaan Pelatihan

                                                                      Pembukaan Pelatihan KPMD 10 dan 11

Pembelajaran

                                                                      Pembelajaran

Diskusi Kelompok

                                                                            Diskusi Kelompok