PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDESA ANGKATAN X DI KECAMATAN KERSAMANAH KABUPATEN GARUT, PROVINSI JAWA BARA

JAKARTA

  Kamis, 19 April 2018

Oleh : Dra. Endang Wijayanti

Kurangnya responsif dari pihak-pihak terkait untuk menjadikan Bumdesa sebagai program unggulan untuk memberdayakan desa dan kesejahteraan mastarakat merupakan salah satu penyebab Bumdesa kurang/tidak bisa berkembang sesuai yang diharapkan. Hal tersebut yang menjadikan salah satu alasan Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat memprogramkan Pelatihan Pengelolaan Bumdesa.

Pelatihan Pengelolaan Bumdesa angkatan X tahun 2018 diselenggarakan di Kecamatan Karsamanah, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 13 Desa 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Garut. Dengan pelatihan Pengelolaan Bumdesa tersebut diharapkan para pengelola Bumdesa meningkat kompetrensinya dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mengembangkan Bumdesanya. Adanya komitmen yang kuat akan memunculkan semangat maju kearah yang lebih baik.

 

Pelatihan Pengelolaan Bumdesa dibuka oleh Sekretaris Balilatfo, Bapak H. Jajang Abdullah, S.Pd, M.Si. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa Bumdes merupakan salah satu Program unggulan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, oleh karena diperluhan pengurus yang mempunyai kompetensi dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan Bumdesa. Dengan berkembangnya Bumdesa diharapkan Bumdesa menjadi lembaga yang bisa memunculkan sentra-sentra ekonomi di desa dengan semangat ekonomi kolektif yang akhirnya bisa mewujudkan desa yang mandiri. Diakhir sambutannya Beliau berpesan kepada pesaerta untuk bisa mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Semoga dengan pelatihan ini bisa membawa Bumdesa kearah yang lebih baik lagi