Launching dan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Cendrawasih Papua

  Selasa, 08 Mei 2018

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Cendrawasih Papua telah memasuki tahun ketiga. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, dimana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar masyarakat terutama di tempat penyelenggaraan KKN dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pihak Universitas Cenderawasih Papua bekerja sama dengan Puslitbang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat melihat kondisi yang sebenarnya di masyarakat, dapat belajar bagaimana mengabdikan diri di masyarakat dan belajar menjadi  pemimpin dimasa yg akan datang.

Pada tanggal 9 – 10 April 2018 Puslitbang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi melakukan “Launching dan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik” di Kampus Universitas Cendrawasih, Jayapura-Papua. Pembekalan ini untuk membekali mahasiswa yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), yang akan dilaksanakan di Kampung Usku, Kecamatan Senggi, Kabupaten Keerom. Kegiatan ini dilakukan di Aula Kampus Teknik dan dihadiri oleh Bupati Keerom, Assisten 1 Bupati Keerom, Dinas Pertanian, PPL, Rektor dan jajaran Universitas Cendrawasih serta mahasiswa yang terpilih dalam KKN Tematik. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari dibuka oleh Rektor Universitas Cendrawasih dan sambutan oleh Bupati Keerom, dalam sambutannya Bupati Keerom berharap mahasiswa yang terjun ke lapangan nanti dapat memahami pentingnya masalah-masalah yang ada di pedesaan. Pada kegiatan tersebut Kapuslitbang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal mengarahkan tentang pentingnya “Desa Membangun” sebagai Tematik KKN ini, dimana dengan kesadaran penuh mahasiswa KKN mampu menemukenali kebutuhan masyarakat secara bersama. Mahasiswa bisa menjadi semacam advokat atau pendamping pemberi informasi kepada masyarakat sehingga informasi-informasi tersebut bisa sampai kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada hari berikutnya dilakukan kegiatan diskusi tahapan pembekalan untuk para mahasiswa yang akan terjun ke lapang. Dalam kegiatan ini para mahasiswa KKN diarahkan dan diberi materi sebelum terjun ke lapang sehingga mahasiwa menjadi lebih siap dengan yang akan dihadapi dilapangan nanti. Hal ini dilakukan karena perlu pertimbangan yang matang dalam memberanikan diri melepas mahasiswa yang jumlahnya tidak sedikit ke masyarakat umum/pedesaan yang mempunyai adat-istiadat, bahasa dan agama yang beragam.