PELATIHAN KPMD ANGKATAN VII DI DESA SELAAWI, KECAMATAN SELAAWI, KABUPATEN GARUT

JAKARTA

  Selasa, 05 Juni 2018

oleh : Endang Wijayanti

Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas calon kader dalam menggerakkan masyarakat desa untuk berpartisipasi dalam membangun desanya. Seperti yang sedang berlangsung ini  tanggal 5 sampai dengan 9 Juni 2018 di Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dilaksanakan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Angkatan VII oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat. Peserta Pelatihan berjumlah 30 orang yang berasal dari 4 Kecamatan dan 15 Desa di Wilayah Kabupaten Garut.

Pelatihan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut dan dihadiri oleh Sekretaris Camat Selaawi dan Kepala Desa Selaawi.  Dalam sambutan Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa Kader adalah orang terpilih dari desanya  yang akan menjadi mitra Pemerintah Desa dalam membangun desa. Untuk itu seorang kader harus mempunyai komitmen untuk membantu pemerintah desa dalam membangun desanya,  sehingga dana desa dapat dimanfaatkan secara optimal  untuk kepentingan pembangunan desa sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat, sehingga bisa menjawab permnasalahan desa . Bagaimana kader bisa membantu pemerintah desa membuat masyarakat desa menjadi berdaya  yang akhirnya masyarakat desa menjadi sejahtera. Kader harus mampu membuat masyarakat desa menjadi bangga akan desanyanya sendiri. Oleh karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan Sekretaris Camat Selaawi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di Kecamatan Selaawi, mengingat di Kecamatan Selaawi masih sangat minim akan Kader. Sedangkan saat ini Kecamatan Selaawi terpilih untuk pengembangan program pemberdayaan masyarakat. Banyak potensi-potensi desa yang belum tergali di desa-desa di wilayah kecamatan Selaawi, untuk itu peran Kader Pemberdayaan masyarakat sangat diperlukan agar masyarakat mempunyai partisipasi yang tinggi terhadap pembangunan desanya.

Masyarakat Desa berdaya dan desa sejahtera itulah yang diharapkan dari kirta semua, oleh karena itu tindak lanjut dari pelatihan ini alumni diharapkan selalu dipantau oleh pendamping lokal desa dalam menjalankan perannya, karena pada dasarnya Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa juga merupakan mitra kerja dari para Pendamping Desa.