Pelatihan Pengelolaan BUMDES Angkatan XVI di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak

JAKARTA

  Jumat, 08 Juni 2018

Oleh : Dian Mentari Alam

Penyelenggaraan pelatihan Bumdes angkatan ke XVI oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat (BBPLM) di Kabupaten Lebak pada tanggal 5 sampai 10 Juni 2017 diikuti oleh 30 peserta dari 5 Kecamatan yaitu Bayah, Cilograng, Cihara, Cibeber dan Banjarbaru. Pembukaan pelatihan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dr. Rusito, S.Sos, M.Si, Kepala Bagian Tata Usaha BBPLM, Doddy.S. Priyadi, Kepala Desa Sawarna, Suhanda dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa.

Materi kebijakan pembinaan Bumdes disampaikan oleh Kepala Dinas yang berisi tentang arah pengembangan organisasi dan manajemen Pemerintah Desa  Kabupaten Lebak, mendorong spirit wirausaha, regulasi Bumdes masih berdasarkan Perda 9/2011 sedangkan Perda yang menguatkan Bumdes masih bersifat umum yaitu Perda 1/2015 tentang desa. Proses perubahan Perda lebih sulit dibandingkan Pergub sehingga membutuhkan waktu dan proses yang tidak singkat. Penjelasan tahapan pencairan kas desa sesuai Perbup 9/2016 yang diajukan ke bidang pembangunan, diteruskan ke kepala urusan keuangan, sekertaris desa, kepala desa, hingga bendahara desa untuk masuk ke kas desa, proses pengajuan anggaran dan verifikasi, hingga penyusunan laporan pertanggungjawaban dan tahapan pembinaan berdasarkan pengklasifikasian Bumdes sehat dan tidak sehat. Indikator klasifikasi Bumdes diantaranya dokumen dan teknis pendirian Bumdes, teknis pemilihan pekaksana operasional, penilaian kelayakan usaha, pengguna anggaran penyertaan modal, kondisi, laporan dan program kerja atau rencana pengembangan usaha.

 

Jenis usaha Bumdes di Kabupaten Lebak didominasi usaha perdagangan (154 unit), usaha sewa (43 unit), dan pembayaran online (14 unit), sedangkan usaha jasa produksi masih minim (7 unit), simpan pinjam (4 unit) dan budidaya ternak (4 unit). Beberapa Bumdes telah memberikan kontribusi pendapatannya terhadap PADes.

 

Materi dari pihak Bank BRI disampaikan oleh Hamid, Asisten Manajer, Wakil Pimpinan Cabang Rangkasbitung didampingi Didit sebagai Account Officer Kecamatan Bayah. Menjelaskan tentang perjanjian kerjasama antara Bank BRI dengan Kemendesa, PDT dan Transmigrasi, dukungan BRI untuk pengembangan dan penguatan dan dukungan BRI.