PELATIHAN KPMD ANGKATAN 24 DI KABUPATEN BANYUWANGI

YOGYAKARTA

  Jumat, 10 Agustus 2018

BBLM Yogyakarta mempunyai wilayah kerja 3 provinsi yaitu Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi mendapatkan alokasi kegiatan Pelatihan KPMD angkatan 24 yang dilaksanakan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi selama 5 hari, 18-22 Juli 2018 dan di ikuti oleh 30 peserta.

 

Kepala BBLM Yogyakarta, Erlin Chaerlinatun berkenan untuk membuka secara resmi Pelatihan KPMD Angkatan 24 pada tgl 18 Juli 2018. Disampaikan bahwa “KPMD untuk berpartisipasi dan gotong royong dengan masyarakat terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengendalian dalam rangka mengimplementasikan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa”.

 

Proses pembelajaran dipandu oleh Pendamping Ahli dari Kabupaten Banyuwangi dan PSM BBLM Yogyakarta. Kegiatan pembelajaran berupa ceramah, ice breaking, diskusi, dan simulasi. Adapun materi pembelajaran yaitu implementasi Undang-Undang Desa, tata kelola desa, KPMD, etos kerja KPMD, motivasi diri, komunikasi efektif, gaya kepemimpinan, manajemen pemberdayaan masyarakat desa, konsep pendampingan masyarakat, teknik fasilitasi dan advokasi, konsep dan system perencanaan pembangunan desa, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, kelembagaan di desa, membangun jejaring kerjasama di desa, proses penyusunan peraturan desa, prioritas penggunaan dana desa, musyawarah desa, dan revolusi mental berdesa.

 

Pelatihan Banyuwangi

 

Pelatihan Banyuwangi

 

Pelatihan Banyuwangi