PELATIHAN KPMD ANGKATAN 22 DI KABUPATEN SITUBONDO

YOGYAKARTA

  Jumat, 10 Agustus 2018

Pelatihan KPMD Angkatan 22 diadakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab . Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Pelatihan ini diadakan selama 5 hari dimulai dari Rabu, 18 Juli 2018 sampai dengan Minggu, 22 Juli 2018. Pelatihan KPMD Angkatan 22 dilaksanakan pararel bersamaan dengan angkatan 23 di Kab. Jember dan Angkatan 24 di Kab. Banyuwangi.

Pelatihan guna peningkatan kapasitas kader masyarakat desa di 14 kecamatan di Situbondo ini dibuka pada Rabu, 18 Juli 2018 oleh Bapak Yogie Kripsian Sah. Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan terima kasih telah memperhatikan Kabupaten Situbondo melalui pelatihan ini. “Pembangunan di desa tidak hanya fisik tapi juga pemberdayaan masyarakat yang masih sedikit dilakukan di desa. pelatihan ini mendorong KPMD untuk aktif menyampaikan aspirasi masyarakat melalui musyawarah desa agar terbentuk desa yang maju, kuat dan mandiri,” demikian Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Situbondo menyampaikan.

Sebagai bentuk penguatan dan dukungan penuh DPMD Situbondo terhadap pelatihan KPMD yang diadakan oleh BBLM Yogyakarta, Drs. H. Suradji, MM menyampaikan terimakasihnya kepada BBLM karena telah memberikan pelatihan KPMD pada bulan Juli dimana bertepatan dengan proses penyusunan RKPDesa yang paling lambat diundangkan akhir September. “Mohon peserta dapat segera menyesuaikan dan menerapkan ilmu yang telah diterima. Adanya anggaran delapan koma sekian persen dalam APBDes untuk pembangunan manusia masih termasuk kecil. Anggaran lain digunakan untuk infrastruktur semoga termasuk infrastruktur dasar. Di Situbondo dari Indeks Desa Membangun (IDM) sebanyak 29 desa tertinggal menjadi tinggal 21 desa ini harus kita selesaikan bersama. Selain KPMD, ada juga BUMDESA yang termasuk dalam program unggulan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, dimana BUMDESA tidak semata mengejar profit (profit oriented) namun lebih pada social oriented,” demikian Kepala DPMD Situbondo menyampaikan dalam sesi narasumber.  

Pelatihan KPMD Angkatan 22 dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kader pemberdayaan masyarakat desa, dilaksanakan dengan penyampaian materi baik secara ceramah, maupun dengan diskusi kelompok dan curah pendapat serta simulasi.

 

Pelatihan SItubondo

 

Pelatihan SItubondo

 

Pelatihan SItubondo