PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDESA ANGKATAN 13, 14 DAN 15 DI BBLM YOGYAKARTA

YOGYAKARTA

  Jumat, 10 Agustus 2018

BBLM Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan secara paralel atau bersamaan waktunya sebanyak 6 angkatan, yaitu 3 angkatan dilaksanakan di Kantor BBLM Yogyakarta yaitu Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Angkatan 13, 14 dan 15, serta 3 angkatan di lokasi atau Desa dengan sistem Mobile Training Unit, yaitu Pelatihan KPMD Angkatan 22 dilaksanakan di Kabupaten Situbondo, Pelatihan KPMD Angkatan 23 di Kabupaten Jember dan Pelatihan KPMD Angkatan 24 di Kabupaten Banyuwangi.

 

Pelatihan Pengelolaan Bumdesa Angkatan 13 dengan 30 peserta yang berasal dari Kabupaten Ponorogo, Malang dan Magetan. Pelatihan Angkatan 14 diikuti 30 peserta dari berasal dari Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Trenggalek. Dan pelatihan Angkatan 15 diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Jombang, Gresik dan  Nganjuk. Peserta pelatihan merupakan yang terpilih dan menjadi Direktur/Pengurus Bumdesa.

 

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Plt. Kabid Penyelenggara BBLM Yogyakarta, Bpk Dedi Sulasmono. Dalam sambutan disampaikan bahwa “Bumdesa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa sebagai upaya untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di desa itu sendiri”.

 

Peserta diberikan pembelajaran teori dengan metode ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan tanya jawab. Adapun materi pembelajaran adalah kebijakan pemerintah dalam mendorong, pembangunan desa, pembentukan BUMdesa, pengelolaan BUMdesa, sistem akuntansi desa, pembinaan, pengawasan dan pertanggungjawaban, pembulatan dan rencana kerja tindak lanjut. Peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran, karena sangat bermanfaat dalam memajukan BUMDesa di masing-masing desanya.

 

Selain kegiatan pembelajaran di kelas, peserta juga mendapat kesempatan untuk kunjungan lapang. Hal ini untuk menambah wawasan baru dengan melihat secara langsung pengelolaan dan keberhasilan BUMDesa tempat kunjungan lapang, sehingga diharapkan peserta meningkatkan motivasinya, kreasi, dan modifikasinya yang dapat diterapkan di BUMDes para peserta. Adapun tempat kunjungan lapang adalah di BUMDesa “Katon Margo sembada” di Desa Margo Katon Seyegan, Sleman yang mempunyai unit usaha minimarket dan pembuatan batako. Dan BUMDesa “Panggung Lestari di Desa Panggungharjo, Bantul yang mengelola usaha kuliner dan pengelolaan sampah.

 

Semoga dengan pelatihan ini mampu memajukan BUMDesaa dan menciptakan lompatan kesejahteraan bagi desa.

 

Bumdes 13

 

Bumdes 14

 

Bumdes 15