Atasi Dampak Corona, Anwar Sanusi Paparkan Strategi Memperkuat Ekonomi Desa

BENGKULU

  Selasa, 28 Juli 2020

Atasi Dampak Corona, Anwar Sanusi Paparkan Strategi Memperkuat Ekonomi Desa

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi paparkan kebijakan bantuan tunai langsung (BLT) dana desa untuk mengatasi dampak sosial pandemi corona. Anwar juga menyampaikan sejumlah cara memperkuat jaring pengaman sosial di desa.

Strategi Kementerian Desa itu disampaikan oleh Anwar Sanusi dalam webinar yang digelar oleh Program Magister Administrasi Publik, Universitas Ngurah Rai, Jumat (24/7/2020).

“Dampak sosial yang disebabkan oleh pandemi covid-19 di desa adalah pengangguran. Maka perlu jaring pengaman sosial untuk mengurangi goncangan akibat covid-19,” ujar Anwar.

Doktor lulusan dari National Graduate Institute for Policy Science, Jepang, tersebut memaparkan bahwa bantuan langsung tunai dana desa telah disalurkan ke 74.877 desa. Jumlah penerima manfaat mencapai 7, 4 juta orang.

D"iantara mereka, sebanyak 2,5 juta adalah perempuan yang menjadi kepala keluarga, “ kata Anwar Sanusi.

Sekjen Kementerian Desa PDTT juga mengisyaratkan BLT dana desa akan diberlakukan hingga akhir tahun demi mengatasi dampak sosial akibat covid-19 di desa.

Dia juga berharap sisa dana desa setelah dialokasi untuk BLT bisa digunakan untuk memperkuat ketahanan pangan di desa.

#MulaidariDesa
#KemendesPDTT