PELATIHAN PBK CATRANS ANGKATAN 5,6,7

YOGYAKARTA

  Selasa, 09 Oktober 2018

“Sasaran pelatihan berbasis kompetensi calon transmigran salah satunya mewujudkan calon transmigran yang mengetahui dan memahami tentang kebutuhan dan kesiapan daerah penempatan transmigrasi” Sambutan Erlin Chaerlinatun, Kepala BBLM Yogyakarta dalam pembukaan pelatihan.

Peserta pelatihan yang berasal dari Kabupaten Semarang, Grobogan, Jepara, Pemalang, Purworejo, Klaten, salatiga, Demak, Pati, Batang, Wonogiri, Purbalingga, Boyolali, Sragen, Magelang dan Cilacap Provinsi Jawa Tengah Provinsi Jawa Tengah sebanyak 90 orang (terbagi dalam 3 angkatan) tanggal 19-25 September 2018 mengikuti pelatihan sebagai upaya menambah pengetahuan, keterampilan dan kesiapan di lokasi transmigrasi.

Selama pelatihan peserta diasramakan di BBLM Yogyakarta dan dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dengan materi pembelajaran di kelas dan praktek adaptasi sosial, pertanian, peternakan, perikanan dan sarana air bersih. Selama pembelajaran peserta juga mendapat informasi dari Dinas Transmigrasi Jawa Tengah tentang profil informasi lokasi ketransmigrasian. Juga adanya narasumber dari Anto Pribadi, Direktur Penataan Persebaran Penduduk yang menjelaskan tentang hak kewajiban transmigran dan peta lokasi daerah transmigran.

Peserta mendapat keistimewaan dengan hadirnya Sekjen Kemendesa, Anwar Sanusi pada tanggal 20 September 2018. “Kunci kesuksesan transmigrasi yaitu bagaimana kita bisa menaklukkan atau mengalahkan rasa takut” Anwar Sanusi, Sekjen Kemendesa, PDTT saat memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan.

 “Dengan adanya transmigrasi kita dapat mendukung pemerataan investasi ke seluruh wilayah Indonesia. Seluruh peserta pelatihan akan diberangkatkan ke Sijunjung, Sumatera Barat” Heri Salugu, Kabid Penyelenggaraan BBLM Yogyakarta menutup Pelatihan PBK Catrans Angkatan 5, 6 dan 7.

Semoga para transmigran menjadi transmigran yang sukses, mandiri dan sejahtera.

Proses Pembelajaran di Kelas

Foto Bersama