PELEPASAN TRANSMIGRAN ASAL DIY TUJUAN TANJUNG BUKA SP.6B, KAB BULUNGAN KALIMANTAN UTARA

YOGYAKARTA

  Selasa, 09 Oktober 2018

Pelepasan transmigran di Gedung Kepatihan Yogyakarta, 25 September 2018 merupakan mometum untuk menggelorakan kembali peranan transmigrasi dalam menciptakan peluang bagi peningkatan martabat dan harkat kehidupan masyarakat transmigran dan penduduk setempat di kawasan transmigrasi.

Pelepasan transmigran asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan pelepasan perdana di tahun 2018 dan pertama kali menggunakan moda transportasi udara setelah sekian lama menggunakan angkutan darat dan laut. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen dalam meningkatkan standar pelayanan minimal dalam bidang pelayanan perpindahan.

Pelepasan transmigran lokasi Tanjung Buka SP 6B Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara dihadiri Wakil Gubernur DIY, Sekjen Kemendesa PDTT, Dirjen PKP2T Kemendesa PDTT dan beberapa perwakilan Bupati untuk penandtanganan MoU pelaksanaan transmigrasi antara pemerintah daerah dengan sharing APBD program tahun 2019.

Para transmigran sebelum dilepas ke lokasi tujuan, telah dibekali dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan motivasi sehingga diharapkan akan mampu untuk berprodukstif, mandiri dan sejahtera. "Balai Besar Latihan Masyarakat (BBLM) Yogyakarta, Kemendes PDTT sudah melakukan pelatihan. Semoga menjadi pengalaman bapak-ibu di tanah harapan," pesan Anwar Sanusi, Sekjen Kemendesa PDTT pada para transmigran.

Secara keseluruhan, jumlah transmigran yang akan diberangkatkan terdiri dari 5 KK (17 jiwa) asal Kota Yogyakarta, 9 KK (32 jiwa) asal Kabupaten Sleman, dan 7 KK (23 jiwa) asal Kabupaten Bantul.

Semoga para transmigran yang diberangkatkan menjadi transmigran yang sukses, mandiri dan sejahtera.