PELATIHAN PBK CATRANS ANGKATAN 8

YOGYAKARTA

  Selasa, 09 Oktober 2018

Sebanyak 45 calon transmigran yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Timur mengikuti pelatihan Berbasis Kompetensi Calon Transmigran Angkatan 8 di BBLM Yogyakarta tanggal 26 september – 2 oktober. Pelatihan ini untuk memberikan motivasi dan pembekalan pengetahuan, keterampilan dan sikap pertanian peternakan dan perikanan sebagai bekal di daerah transmigrasi.

“Keputusan besar dan berani yang diambil para calon transmigran memulai kehidupan baru di tanah harapan/lokasi transmigrasi perlu diapresiasi. Harapannya untuk meningkatkan pendapatan dan martabat hidup. Perlu semangat juang tinggi untuk beradaptasi di lingkungan dan semoga menjadi transmigran yang sukses” Sambutan Heri Salugu, Kabid Penyelenggara  saat membuka pelatihan.

Adapun 45 orang peserta terdiri dari 4 orang dari Gunung Kidul; 8 orang dari Bantul; 13 orang dari Kulon Progo; 10 orang dari Ngawi, Magetan, Tulungagung; 5 orang dari Trenggalek, Sampang; dan 5 orang dari Nganjuk, Pacitan. Adapun tujuan penempatan adalah Simelue, Aceh; Sijunjung, Sumatera Barat; Majene; Mamuju (Sinyonyoi); Bukit Aren, Gorontalo; dan Mahalona, Sulawesi Selatan.

Selama pelatihan peserta diasramakan di BBLM Yogyakarta dan dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dengan materi pembelajaran dan praktek adaptasi sosial, pertanian, peternakan, perikanan dan sarana air bersih. Selama pembelajaran peserta juga mendapat informasi dari Dinas Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur tentang profil informasi lokasi ketransmigrasian. Juga adanya narasumber dari Anto Pribadi, Direktur Penataan Persebaran Penduduk yang menjelaskan tentang hak kewajiban transmigran dan peta lokasi daerah transmigran, dan narasumber pakar, Bambang Hariadi menyampaikan motivasi dan gambaran lokasi transmigrasi.

Sambutan Erlin Chaerlinatun, Kepala BBLM Yogyakarta saat menutup pelatihan “Kementerian Desa PDTT telah memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat salah satunya memberikan pelatihan calon transmigran yang merupakan ujung tombak sosialisasi program transmigrasi. Keberhasilan transmigran tidak secara instan namun perlu waktu, perjuangan dan kegigihan untuk menjadi mandiri dan sukses. Diharapkan para calon transmigran dapat menerapkan ilmunya di lokasi penempatan, siap menjalankan kehidupan sehari-hari, penuh motivasi tinggi dan setelah penempatan semoga kami mendapat kabar yang baik. Apresiasi semangat kekompakan dan kebersamaan BBLM Yogyakarta mampu melaksanakan 74 angkatan pelatihan. Pelatihan PBK Catrans Angkatan 8 merupakan penutup kegiatan tahun 2018”.

Ibu Kepala BBLM Yogyakarta, Erlin Chaerlinatun Menutup Pelatihan PBK Catrans Angkatan 8

Proses Pembelajaran di Kelas

Foto Bersama