BBLM YOGYAKARTA MELATIH BATIK DI YAYASAN DHARMAIS

YOGYAKARTA

  Senin, 05 Nopember 2018

Pelatihan Usaha Produktif yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan dan Latihan Yayasan Dharma Bhakti Sosial (Dharmais) Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta berupa pelatihan membatik selama 14 hari, tanggal 17-29 Oktober. Pelatihan ini diikuti oleh 35 santri perempuan, diharapkan memberikan ketrampilan agar dapat mandiri dan menciptakan usaha.

"Program ini sinergis dengan gerakan gotong royong untuk membangun local genius yang dilakukan di Kulonprogo melalui berbagai macam kegiatan. Selain itu program ini juga membantu usaha pemkab untuk mendorong kemandirian masyarakat dan melindungi produksi lokal melalui Bela-Beli Kulonprogo," Ungkap Bari, Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan yayasan Dharmais.

Setiap peserta selama mengikuti pelatihan membuat batik cap 2 meter dan batik cap kombinasi shibori 2 meter. Sehingga output batik yang dihasilkan selama pelatihan sebanyak 70 lembar kain batik. Peserta juga dibagi 6 kelompok, dimana setiap kelompok membuat 2 taplak batik. Selama pelatihan, peserta sangat bersemangat, penasaran seperti apa jadinya dan sangat bangga setelah jadi batik yang merupakan hasil kerja kerasnya.

Peserta juga praktek caranya mengecap dan menyanting, yang merupakan rangkaian membatik. Adapun rangkaian membatik meliputi proses cap di kain, pencoletan, fiksasi, nembok, pewarnaan, pelorodan dan finishing kain disetrika.

Peserta juga melakukan studi banding ke UD Batik Nakula Sadewa, Sleman untuk melihat langsung proses produksi dan membandingkan kain batik yang sudah siap di pasaran.

Semoga pelatihan ini mengedukasi peserta akan nilai-nilai intrinsik yang terkandung dalam batik yang diproduksi. Juga bisa berkontribusi meningkatkan daya saing pengrajin batik, memicu kreativitas peluang usaha bagi masyarakat lokal, dan akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang berdampak memakmurkan masyarakat daerah.

 

batik

 

batik

 

batik