PELATIHAN G2R DI KABUPATEN BANTUL

YOGYAKARTA

  Kamis, 08 Nopember 2018

BBLM Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Bumdes Program Global Gotong Royong (G2R) pada tanggal 26-31 Oktober 2018 di Home Stay “Sekar Arum” Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari audiensi dengan Gubernur DIY dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Program Global Gotong Royong (G2R) merupakan salah satu upaya kreatif dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan menurunkan tingkat kesenjangan yang masih cukup tinggi di DIY. Program ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bekerjasama dengan UGM dalam upaya mengentaskan kemiskinan yang ada di DIY.

Pelatihan ini dibuka pada tanggal 26 Oktober 2018 oleh Asisten Setda Kabupaten Bantul dan dihadiri oleh BPPM Provinsi DIY, BAPPEDA Kab Bantul, DPPKBPMD Kab Bantul, Perindustrian dan UKM Kab Bantul, Dinas Pariwisata Kab Bantul, Camat Imogiri, Danramil Kec Imogiri, Polsek Imogiri, Kepala Desa Wukirsari dan Desa Girirejo dan Pejabat di Lingkungan BBLM Yogyakarta.

Pelatihan ini diikuti 30 orang peserta (21 perempuan 9 laki-laki) dari Desa Wukirsari dan Desa Girirejo, Kabupaten Bantul. Selama lima hari, peserta dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dan Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai penggagas G2R. Diberikan materi tentang Bumdes, pemetaan potensi desa, manajemen produk, packaging, bisnis plan (model kanvas), Global Gotong Royong (G2R) tetrapreneur yaitu rantai wirausaha, pasar wirausaha, kualitas wirausaha dan merk wirausaha. Dan praktek packaging, potensi desa dan bisnis plan.

Dalam pembelajaran juga dihadirkan naraumber yaitu : dr RA Arida Oetami, M. Kes (Kepala BPPM Provinsi DIY), Drs Bangun Rahina (Kabid PMD Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul), Dra Puji Astuti, M.Si (Kepala Biro Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda DIY) dan Yuli Afrianda, SE, M.Si (Direktur Utama Mata Usaha dan Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu).

Kepala BBLM Yogyakarta, Erlin Chaerlinatun menyampaikan “ Dengan diadakan pelatihan ini berharap pemerintah DIY, Pemda Kabupaten Bantul dan Kemendesa PDTT dapat memberikan nilai jual produk lokal dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Arida Oetami, Kepala BPPM Provinsi DIY dalam sambutannya menyampaikan “Berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan produk yang dihasilkan bisa masuk ke pasar nasional hingga internasional.

Semoga pelatihan ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan budaya gotong royong dengan daya kewirausahaan dan potensi daerah, demi terwujudnya perkembangan dan pemerataan ekonomi bagi masyarakat untuik hidup layak.

G2R

 

G2R

 

G2R