PSM BBLM YOGYAKARTA KURSUS PEMBUTAN PAKAN IKAN DAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR SISTEM BIOFLOK

YOGYAKARTA

  Kamis, 08 Nopember 2018

BBLM Yogyakarta mempunyai fungsional PSM yang salah satu tugasnya adalah melakukan kegiatan pemanduan pelatihan dan pengembangan di Demplot. Kegiatan pelatihan beraneka macam jenisnya diantaranya pelatihan manajemen, pelatihan prukades, pelatihan keterampilan dan pelatihan teknis. Sedangkan Demplot BBLM Yogyakarta merupakan lahan percontohan dan lahan praktek yang dikelola secara terpadu pertanian, peternakan dan perikanan.

Dalam mengembangkan aspek perikanan, PSM BBLM Yogyakarta yaitu Andi Indriani, Yulia Aryani dan Agung Cahyo Prabowo mengikuti kursus pembutan pakan ikan dan budidaya ikan air tawar sistem bioflok.

Kursus pembuatan pakan ikan di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MWK) Mina Mulyo Feed di Dusun Babadan RT 03 RW 10 desa Wedomartani Kecamatan Ngemplak, Sleman dilakukan pada tanggal 1-3 November 2018. Selama kursus mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan proses pembuatan pakan ikan dengan mesin sederhana dan mesin skala produksi. Pembuatan pakan ikan dengan bahan dasar yang mudah di dapat di masyarakat seperti sumber karbohidrat dapat menggunakan bekas baglog jamur, tepung tapioka sebagai perekat dapat diganti dengan tepung singkong, sumber protein dari tepung ikan.

Matheus Hangabdi Wiyono, Ketua P2MWK Mino Mulyo Feed menyampaikan “ Dengan kursus ini diharapkan, PSM mampu menyebarkan ilmunya ke masyarakat. Dan para pembudidaya ikan dapat membuat pakan mandiri, pakan berkualitas tetapi dari bahan yang mudah didapat di masyarakat”.

Tiga ora PSM tersebut kemudian pada tanggal 4-5 November 2018 mengikuti kursus budidaya ikan air tawar sistem bioflok di CV Kelola Mina Pembudidaya, Jalan Cangkringan Km 2 Somadaran RT 02 RW 01 Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan, Sleman.

Sistem budidaya bioflok merupakan sistem budidaya ikan modern melalui proses mengolah limbah hasil budidaya agar menjadi flok atau gumpalan kecil sebagai makanan ikan secara alami. Sehingga dapat mengurangi biaya produksi terutama dalam segi pakan dan hasilnya lebih maksimal.

Diharapkan dengan kursus ini mampu diterapkan di Demplot dalam pengembangan budidaya ikan dan sebagai bekal dalam kegiatan pemanduan pelatihan.

Kursus pakan ikan

 

Kursus pakan ikan

 

Kursus pakan ikan