PSM BBLM YOGYAKARTA KURSUS TANAMAN HIAS

YOGYAKARTA

  Jumat, 09 Nopember 2018

Tanaman hias menjadi salah satu media untuk membuat sebuah rumah, taman, perkantoran dll terlihat cantik, indah dan menarik. Tanaman hias juga semakin digemari masyarakat, dan menjadikan peluang usaha yang menjanjikan.

Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia BBLM Yogyakarta, tiga orang PSM BBLM Yogyakarta yaitu Bayu Kristianto, Pujo Rahmat Wicaksono dan Anggit Mangun Wibowo mengikuti kursus budidaya tanaman hias pada tanggal 29 Oktober – 2 November 2018 di Kampung Flory, Dusun Jugangpangukan RT 05 RW 11 Tridadi, Sleman. Kampung Flory merupakan wisata kampung yang mengusung tema edukasi menghibur dengan konsep kreatif dan unik. Ada 3 zona di Kampung Flory yaitu (1) Taruna Tani yang menyediakan berbagai tanaman hias, tanaman buah unggulan dan wisata kuliner, (2) Dwi Flory menyediakan home stay, (3) Agro Buah yang menyuguhkan wisata petik buah langsung dari pohon dan wisata edukasi.

“Perlu ketekunan dan ketelatenan dalam merawat dan mengambangkan tanaman hias. Selama 5 hari kita bersama-sama mengenal jenis tanaman hias, perbanyakan tanaman, perawatan tanaman hias indoor dan outdoor, dan analisa usaha “Ungkap Sutrisno Widiyanto, Pengajar Kursus Tanaman Hias.

Banyak kegiatan praktek selama kursus, mulai bagaimana pembibitan di green house, mengenal aneka macam jenis tanaman hias seperti Stativilum, Marantha Puspita, Keladi, Cordellane, Lidah Mertua, Begonia, Puring, Sikas, Sambang Dara, Beringin Putih, Kroket Merah, Bunga Pukul Delapan, Jarak Ungu, Kembang Sepatu, Sokka Holland, Kucay, Rombusa, Sokka India, Song of India, Ketapang Kencana, Bunga Mawar dll; perbanyakan tanaman dengan stek batang, sambung pucuk, tempel mata tunas dan sambung susuan; media tanam tanaman hias; penyiraman; pemupukan dan pemangkasan. Juga hal yang paling utama adalah perawatan agar tanaman hias tumbuh subur, bagus dan unik sehingga harga jualnya tinggi.

Harapannya setelah kursus, PSM BBLM Yogyakarta menerapkan dan mengujicobakannya di Lahan Praktek dan sebagai bekal wawasan dalam kegiatan pemanduan pelatihan.

kursus tanaman hias

 

kursus tanaman hias

 

kursus tanaman hias