Bertandang ke Bumi Melayu

PUSDIKLATASN

  Senin, 03 Desember 2018

Riau(3/12), Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai ASN kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi Dr.Sumarlan mengunjungi Balai Pelatihan Masyarakat di Riau. Dalam kunjungannya sumarlan berdialog dan berdiskusi dengan kapala Balai Pelatihan Masyarakat Riau dan beberapa Struktural di balai tersebut.

            Banyak hal yang didiskusikan pada moment ini, salah satunya mengenai PSM. Masih kurangnya karyawan yang berkaitan langsung dengan Teknis seperti Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) ini. Beberapa pertanyaan di ajukan kepada Kapusdiklat kemendesa mengenai PSM, seperti bagaimana selanjutnya ketika PSM itu sudah mengikuti DIklat, bagaimana ilmu yang sudah di dapat dari Diklat Bisa dirasakan oleh masyarkat, menanggapi hal tersebut sumarlan memberikan masukan agar para PSM janganlah berkecil hati karena PSM merupakan pekerjaan yang sangat mulia, sebab menjadi PSM kita bisa mengembangkan ilmu yang sudah di dapat dari hasil Diklat Teknis PSM. Dari hasil Evaluasi DIklat PSM seharusnya bisa diperdayakan untuk melatih masyarakat dan mengimplementasikan ke dalam kegiatan di masyarakat, tambahnya.

            Selain itu beberapa PSM juga memberikan masukan agar para PSM yang sudah ada dan yang aka nada harus di Upgreting system pembelajarannya. Menanggapi hal tersebut sumarlan mengajak kerjasama dalam menyusun materi-materi yang terbaik yang dibutuhkan.

            Sebagai Penutup ada beberapa hal yang disampaikan para PSM di Riau, diantaranya mengenai Sarana dan Prasarana PSM harus dilengkapi, Tenaga Fungsional PSM harap lebih diberdayakan, agar PSM bisa berkembang dengan lebih baik lagi, dan yang terakhir Upgreting Kembali Sistem Pendidikan PSM.

“Ilmu itu akan berkembang jika kita berdiskusi, tapi jika kita diambil sendiri ilmu itu akan mati.” Tutup Marlan.