PELATIHAN KPMD DI KABUPATEN BREBES

YOGYAKARTA

  Senin, 08 April 2019

Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, diatur secara tegas dan terinci mengenai tata kelola pemerintahan desa, mulai dari pengaturan pemerintah, pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat dan dalam Bab XII diatur pula tentang lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga desa adat. Lembagakemasyarakatan desa merupakan wadah partisipasi masyarakat desa sebagai mitra pemerintah desa dalam penyelenggaraan desa salah satunya adalah Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

Disadari atau tidak, belum semua KPMD mendapatkan peran sesuai apa yang diharapkan. Beberapa KPMD masih berhadapan dengan upaya pengerdilan sehingga peran mereka dalam pembangunan di desa sangat minim dan kurang sejalan dengan konsep pemberdayaan. Berdasarkan hal tersebut, BBLM Yogyakarta melaksanakan Pelatihan KPMD Angkatan 9 dari tanggal 28 Maret-1 April 2019 di Aula Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pelatihan KPMD Angkatan 9 di Kabupaten Brebes dibuka oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Brebes Bapak Rofiq Qoidul Adzam, pada tanggal 28 Maret 2019 dihadiri Kabid Program dan PDSI BBLM Yogyakarta Bapak Dedi Sulasmono, Kasi Pelatihan Masyarakat Desa BBLM Yogyakarta, Bapak Yudan.

“Tujuan dibentuknya KPMD adalah untuk mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pengendalian dalam rangka mengimplementasikan UU No 6 tahun 2014 tentang desa. Oleh karena itu kami menyambut baik kerjasama dengan BBLM Yogyakarta memberikan wawasan kepada para KPMD dalam melaksanakan tugas di desa”. Arahan Kadis PMD Kabupaten Brebes, Bapak Rofiq dalam pembukaan pelatihan.

Pelatihan dipandu oleh PSM BBLM Yogyakarta dan Pendamping KPMD. Dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode andragogi atau pendidikan orang dewasa yaitu penciptaan suasana kelas yang komunikatif, dialog dan kekeluargaan.

Pelatihan ini sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas KPMD, diberikan informasi teknis, dan strategis serta diiringi dengan berbagai kiat-kiat inovatif. 

Brebes

 

Brebes