PELATIHAN PRUKADES OLAHAN IKAN DI KABUPATEN SUMENEP

YOGYAKARTA

  Senin, 08 April 2019

Kabupaten Sumenep berada di ujung timur Pulau Madura, Jawa Timur memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar untuk dikembangkan. Produk olahan ikan menjadi potensi ekonomi Kabupaten Sumenep yang cukup signifikan, namun pengolahan pasca panen menjadi kendala dalam pemasaran. Oleh karena itu BBLM Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) Angkatan 10 Pengolahan Bahan Baku Ikan di Aula Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP PGRI) Sumenep selama 5 hari, 28 Maret – 1 April 2019 yang diikuti 43 orang peserta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sumenep, Bapak ahmad Masuni membuka secara resmi pelatihan ini pada tanggal 28 Maret 2019, yang dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBLM Yogyakarta, Bapak Heri salugu, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, dan Perwakilan dari STKIP PGRI Kabupaten Sumenep.

“Berharap hasil olahan peserta bekerjasama dengan Dinas PMD Kabupaten Sumenep, dan mensinergikan dengan para Kepala desa masing-masing peserta dalam pengembangan usaha dan pemasaran untuk memperkuat perekonomian desa. Pelatihan ini sangat cocok diselenggarakan di Kabupaten Sumenep, juga sesuai program Bupati Sumenep untuk menguatkan wirausaha muda” Arahan Bapak Ahmad Musani, Kadis PMD Kab. Sumenep dalam pembukaan pelatihan.

Produk olahan berbahan dasar ikan mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat. Namun dalam pelatihan ini diberikan sentuhan berbeda dalam pembuatan produk, untuk menginspirasi peserta berkreasi dalam menciptakan hasil olahan yang bernilai jual tinggi.

Pelatihan ini dipandu oleh Praktisi dan PSM BBLM Yogyakarta. Pelatihan tidak hanya menekankan pada proses pembuatan produk, tetapi pada cara pengemasan (packaging) agar menarik peminat/pembeli dan memiliki nilai jual yang bersaing.

Semoga dengan pelatihan ini lahir wirausaha baru dengan mengoptimalkan pengolahan perikanan potensi lokal melalui inovasi baru menjadi berbagai olahan produk untuk meningkatkan nilai ekonomis produk. Sehingga meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sumenep

 

Sumenep

 

Sumenep