KUNJUNGAN KPMD SUKOHARJO

YOGYAKARTA

  Rabu, 08 Mei 2019

BBLM Yogyakarta menerima kunjungan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo yang merupakan Alumni Pelatihan KPMD Angkatan 7 Tahun 2017 pada tanggal 2 Mei 2019 sebanyak 37 orang. Rombongan merupakan KPMD dari 14 Desa di Kecamatan Gatak dengan rata-rata 1 desa diwakili 3-4 orang, juga didampingi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sukoharjo.

Rombongan diterima oleh Pejabat dan PSM BBLM Yogyakarta di Aula Arjuna. “Selamat datang dan kami sangat senang mendapat kunjungan dari para pelopor desa yaitu KPMD, kami sangat terbuka kepada siapapun untuk berbagi informasi dalam kegiatan pemberdayaan dan pembangunan desa demi kesejahteraan masyarakat” Ucapan pembuka dari Bapak Kuswanto, Kabid Penyelenggaraan BBLM Yogyakarta.

BBLM Yogyakarta merupakan Unit Pelaksana Teknis yang berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi, Kementerian Desa PDTT. Berdasarkan Peraturan Menteri desa PDTT Nomor 9 Tahun 2015 tugas BBLM Yogyakarta adalah melaksanakan pelatihan masyarakat, pengelolaan data dan sistem informasi di bidang desa, daerah tertinggal, daerah tertentu dan transmigrasi. Wilayah kerja BBLM Yogyakarta meliputi 3 provinsi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BBLM Yogyakarta memiliki fasilitas lengkap untuk kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan ada yang dilaksanakan di Kantor BBLM Yogyakarta dan di luar kantor dengan sistem Mobile Training Unit (MTU). Jenis pelatihan yaitu KPMD, Pengelolaan BUM Desa, Hidroponik, dan Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades). BBLM Yogyakarta juga memiliki lahan percontohan yaitu Lahan Praktek Karang Tumaritis di Beran, Sleman dan Lahan Praktek Karang Kadempel di Cangkringan, Sleman.

“Tujuan kami dalam rangka peningkatan kapasitas KPMD untuk lebih memberdayakan masyarakat di desa sesuai dengan potensi yang ada, dan menggali inspirasi pemberdayaan seperti yang dikembangkan di Lahan Praktek BBLM Yogyakarta seperti hidroponik, ayam jawa super, ayam petelor dll juga menularkan ilmunya ke masyarakat, agar mewujudkan desa yang mandiri” Ujar Bapak Sugiarto Ketua KPMD Kecamatan Gatak.

Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan kinerja para pegawai BBLM Yogyakarta dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan Akuntabel, Profesionalisme, Integritas dan Kebersamaan (APIK).

Kunjungan

 

Kunjungan

 

Kunjungan