BBLM YOGYAKARTA LAKUKAN PENGELOLAAN DATA DAN SISTEM INFORMASI

YOGYAKARTA

  Selasa, 21 Mei 2019

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 9 Tahun 2015, BBLM Yogyakarta secara vertikal berada di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo), Kementerian Desa PDTT mempunyai tugas melaksanakan pelatihan masyarakat, pengelolaan data dan sistem informasi di bidang desa, daerah tertinggal, daerah tertentu dan transmigrasi.

Salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas unit pelatihan masyarakat desa, masyarakat daerah tertinggal dan transmigrasi adalah dengan menyediakan data dukung dan informasi di bidang desa, daerah tertinggal dan transmigrasi. Sebagaimana disebutkan dalam Permendes Nomor 10 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan data dan informasi desa, daerah tertinggal dan transmigrasi pada Bab III pasal 12 ayat 6 (c) bahwa yang bertanggung jawab atas pengelolaan Data dan Informasi adalah pusat dan daerah dimana pada tingkat daerah oleh Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat dan Kepala Balai Besar Latihan Masyarakat yang berada di bawah struktur Balilatfo.

Tentunya sebagai instansi / lembaga yang tugas pokok uatamanya menyelenggarakan pelatihan bagi masyarakat desa, daerah tertinggal dan transmigrasi, BBLM Yogyakarta memberikan pelatihan terhadap masyarakat desa, darah tertinggal, dan transmigrasi di wilayah kerjanya. Alur/standar Operasional Prosedur (SOP) dari pelatihan yang ada di BBLM ini adalah dimulai dari adanya rekrutmen peserta oleh Balai kemudian penyelenggaraan pelatihan baik di Balai maupun di lokasi, evaluasi, dan diakhiri dengan pelaporan. Lokasi penentuan asal peserta sendiri dimulai dari perencanaan dimana pada proses perencanaan sendiri membutuhkan data dukung berupa bantuan dari UKE 1, Permendesa No 126 Tahun 2017 terkait 17.000 desa prioritas dan tentunya data-data masyarakat terkait data Kader Desa, Produk Unggulan Desa (Prudes), Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), Embung desa, dan Sarana olahraga desa (soga desa) yang akuntabel, akurat dan aktual.

BBLM Yogyakarta menyelenggarakan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi (Datin) dengan tujuan sebagai bahan data bagi perencanaan program pelatihan bagi masyarakat desa tahun anggaran yang mendatang, dan tersedianya data dan informasi yang akuntabel, akurat dan teraktual terkait KPMD, Prukades, BUMDesa, Embung dan sarana olahraga desa.

BBLM Yogyakarta pada tahun 2019 ini melakukan Datin di Kabupaten Sleman, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Karanganyar dengan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Balai Besar latihan Masyarakat Yogyakarta melakukan tugas dan fungsinya untuk melaksanakan pelatihan yang didasarkan pada program-program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi yaitu KPMD, BUMDesa, Prukades, Embung, dan sarana olahraga desa. Sehingga data-data di atas sangat diperlukan guna menunjang pelatihan-pelatihan yang akan, sedang maupun sudah dilakukan dapat efektif dan tepat sasaran.