BBLM YOGYAKARTA LATIH PARA TRANSMIGRAN TUJUAN SULAWESI

YOGYAKARTA

  Minggu, 04 Agustus 2019

Pelatihan masyarakat transmigran merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung bagi keberhasilan transmigran dalam mengembangkan kehidupan di daerah barunya. Telah disadari bahwa pada umumnya pendidikan, pengalaman dan keterampilan transmigran belum memadai untuk menghadapi kondisi lingkungan di daerah yang baru. Oleh karena itu setiap calon transmigran sebelum ditempatkan di lokasi transnmigran perlu dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan wawasan yang cukup agar mereka mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan pemukiman barunya.

 “PBK Calon transmigran untuk memantapkan kemampuan dan kesungguhan para calon transmigran terkait Kapasitas yang dimiliki agar mereka dapat mempertahankan hidupnya di Pemukiman baru. Juga agar mampu bersosialisasi dengan mudah serta membaur dengan masyarakat asli daerah setempat, agar dapat menghindari terjadinya konflik yang mungkin saja terjadi” Arahan Ibu Erlin Chaerlinatun M saat pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Calon Transmigran Angkatan VI tanggal 17 Juli 2019 di Kantor BBLM Yogyakarta.

BBLM Yogyakarta melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Calon Transmigran Angkatan VI selama 7 hari, 17-23 Juli 2019 yang diikuti peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari provinsi Jawa Timur (Kabupaten Blitar, Sampang, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo, Sumenep dan Banyuwangi). Para peserta nantinya akan diberangkatkan ke Lokasi Transmigrasi di Sulawesi (UPT Janja Kabupaten Toli-Toli Provinsi Sulawesi Tengah, UPT Raimuna Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, dan UPT Bekkae Kabupaten Wajo provinsi Sulawesi Selatan).

Peserta diberikan pembekalan, motivasi dan pembelajaran oleh PSM BBLM Yogyakarta berupa melakukan adaptasi dengan lingkungan, melakukan kerjasama dalam kelompok, melakukan komunikasi, mengorganisasikan pekerjaan dan kelompok, menata lahan pekarangan, menentukan kalender pertanian, melakukan pengolahan lahan, melakukan penanaman, memelihara dan memanen tanaman pangan, peternakan dan perikanan.

Juga Narasumber dari Pak Chamidun (Sesditjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi), Pak Heru setyanto (Mantan Plt. Kepala BBLM Yogyakarta), Bu Subiyani (Kasi Pelatihan, Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur). Para narasumber memberikan motivasi, hal yang dilakukan para transmigran, dan kondisi Paket Informasi Lokasi (PILOK) Transmigrasi.

Akhirnya Pelatihan ini ditutup pada tanggal 23 Juli 2019 oleh Kabid PDSI BBLM Yogyakarta, Bapak Dedi Sulasmono menyampaikan “Jagalah kedisiplinan dan taati Peraturan nantinya di Lokasi Transmigrasi, ingatlah pepatah Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung sebagai proses adaptasi”.

“Transmigrasi banyak sekali tantangan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras, keberhasilan perlu waktu tidak secara instan didapat. Lahan di sana bisa dikelola dan menghasilkan namun perlu menyesuaikan. Semoga Berhasil Para Transmigran semua” Tambah Pak Dedi.

 

SUKSES PARA TRANSMIGRAN ANGKATAN VI

Catrans 6

 

Catrans 6