PELATIHAN E-COMMERCE

  Selasa, 10 Maret 2020

Pelatihan e-Commerce merupakan pelatihan inovasi dan merupakan jawaban bagi  masyarakat desa agar dapat mempersiapkan diri menghadapi tantangan, untuk bersaing dalam dunia pemasaran global, khususnya dalam era digitalisasi.

Pelatihan ini mendapat dukungan dari Ditjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa PDT & Transmigrasi, dengan TOKOPEDIA yang sudah melakukan MoU dengan Kementerian Desa, PDT & Transmigrasi.

Tujuan dari pelatihan e-Commerce adalah melatih peserta pelatihan agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan cara pemanfaatan internet untuk perdagangan elektronik (e-Commerce), mewujudkan masyarakat desa yang mampu menciptakan, mengelola, dan memasarkan produknya dengan memanfaatkan teknologi informasi serta meningkatkan perekonomian bagi masyarakat desa dengan memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.

Pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 10 - 14 Februari 2020 bertempat di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Pembukaannya diresmikan oleh Kepala Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta dengan dihadiri oleh Bapak Suryo Wikanthomo selaku Kepala BNI 46 Cabang Sleman beserta jajarannya dan perwakilan dari  TOKOPEDIA.

Peserta pelatihan e-Commerce sebanyak 30 orang berasal dari Kabupaten Jepara 10 orang, Kabupaten Kudus 10 orang dan Kabupaten Demak 10 orang. Adapun bidang usaha para pesertae-Commerce meliputi pengelolaan simpan pinjam, pengelolaan wisata, pengelolaan pasar desa, usaha bata merah, usaha gypsum, usaha olahan ketela, usaha olahan ikan, usaha tanaman hias, dan usaha lainnya.

Pelatih dari PSM (Penggerak Swadaya Masyarakat) sebanyak 2 (dua) orang dan Praktisi/Pihak Eksternal sebanyak 1 (satu) orang dari TOKOPEDIA. Sedangkan untuk panitia sebanyak 3 (tiga) orang yang seluruhnya berasal dari Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Narasumber berasal dari praktisi CV. Satoeasa.

Materi Pelatihan sebanyak 40 jam pelajaran. Materi antara lain Orientasi Program, Dinamika Kelompok, Kewirausahaan dalam kerangka Pemasaran Online, Pengantar e-commerce, Social Media Marketing, Pemasaaran Produk Riil Marketplace, Foto Produk, Copywriting, Pembuatan Web/blog, Search Engine Optimization, Evaluasi dan Penyiapan RKTL.

Jumat 14 Pebruari 2020 dilakukan acara Penutupan Pelatihan e-commerce bekerjasama dengan Tokopedia, ditutup secara langsung oleh Kepala BALILATFO ( Ir. Eko Sri Haryanto, M.M ).

Seluruh peserta mendapatkan bantuan stimulan sebanyak 30 paket yang berupa flashdisk dan kartu perdana kuota internet.

#BBLMYogyakarta #Kemendespdtt #ecommerce #Pelatihanecommerce #Tokopedia #Jepara #Kudus #Demak