PELATIHAN MANAJEMEN DESA WISATA DI TEMANGGUNG

BALILATFO

  Selasa, 10 Maret 2020

Pada tahun 2019 Direktorat Sarpras, Ditjen PPMD Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi memberikan program bantuan berupa pembangunan gazebo, jalan, gardu pandang dan toilet di “Kawasan Wisata Posong” di Desa Tlahap Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung. Pada tahun 2020 ini BBLM Yogyakarta hadir memberikan Pelatihan Prukades Angkatan I Manajemen Desa Wisata, yang merupakan dukungan atas bantuan yang diberikan oleh Direktorat Sarana dan Prasarana Ditjen PPMD Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi tersebut.

Dalam pelaksanan Pelatihan, BBLM Yogyakarta menggandeng Badan Otorita Borobudur sebagai narasumber, yang merupakan satuan kerja dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pemandu dari PSM (Yulianto, SP,M.Sc dan Dida Paramita, SP, MM) dan Bapak Budi Subaryadi, Ecowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Sedangkan panitia dari pegawai BBLM Yogyakarta (Dwi Wahyuningsih dan V.P Dwi Listyantono) dan Bapak Supriyadi, Kaur Keuangan Desa Tlahap. Peserta sebanyak 30 orang dari Desa Tlahap.

Pelatihan ini merupakan jenis pelatihan manajerial yang berbasis inovasi dan kreatifitas untuk mencari cara atau strategi dalam mengelola dan mengembangkan wisata di Desa Tlahab agar lebih maksimal.  “Kawasan Wisata Posong” adalah wisata alam di Jawa Tengah yang  mendapat rating terbaik berdasarkan review dan ulasan dari pengunjung yang pernah berkunjung ke tempat ini.

Rencana Kerja Tindak Lanjut atau RKTL yang telah ditulis oleh setiap peserta, kami harapkan menjadi komitmen yang kuat untuk diwujudkan setelah selesai mengikuti pelatihan ini, diaplikasikan serta disebarluaskan kepada masyarakat sekitarnya, sehingga dapat bermanfaat secara maksimal dan menjadi berkah.

Untuk mendukung keberlanjutan dari pelatihan, BBLM Yogyakarta juga memberikan stimulant pasca pelatihan bagi para peserta (yang sudah menjadi alumni), berupa: Pembuatan papan nama petunjuk lokasi obyek wisata tulisan sapta pesona dan Peta informasi lokasi.

Semoga peserta penuh semangat untuk memajukan Desa Tlahab agar semakin maju, mandiri dan lebih berdaya dengan kerja keras dan kerja cerdas dalam pengelolaan desa wisata yang dikelola oleh BUM Desa Mitra Sejahtera di kawasan wisata Posong.

 

#BBLMYogyakarta #Kemendespdtt #DitjenPPMD #Prukades #DesaWisata #BadanOtoritaBorobudur #DesaTlahap #Kledung #Temanggung #PemkabTemanggung @tamanwisata_posong 

Desa wisata